Senin, 25 November 2013

Pertemuan 4

Produk-produk yang sudah siap pakai sebelum digunakan harus melalui proses penge-tes-an (Quality Control) untuk menemukan kesalahan-kesalahan (cacat produksi). Tetapi proses penge-tes-an yang akurat memerlukan biaya yang sangat mahal. Maka perencanaan proses penge-tes-an sangat diperlukan. 

Faktor-faktor untuk menentukan rencana evaluasi (penge-tes-an) :
 Tahap-tahap desain.
1.  Jumlah pengguna yang akan menggunakan produk tersebut.
2.  Kegunaan produk (untuk hal-hal yang penting atau hanya sekedar untuk hiburan).
3.  Harga dari produk dan budget yang dikeluarkan untuk proses penge-tes-an.
4. Waktu yang disediakan.
5. Pengalaman-pengalaman dalam proses desain.

Banyak bentuk-bentuk tes penggunaan yang bisa dicoba, yaitu:
1. Menyesuaikan desain dengan mockups yang dibuat.
2. Discount usability testing.
3. Competitive usability testing.
4. Universal usability testing.
5. Field test and portable labs.
6. Remote usability testing.
7. Can-you-break-this tests.

Survey Instruments -> hal-hal yang dapat dijadikan pedoman untuk mengadakan penelitian (survey), yaitu :
1. Latar belakang pengguna seperti umur, jenis kelamin, asal negara, pendidikan, pendapatan.
2. Pengalaman dalam menggunakan komputer seperti aplikasi-aplikasi yang pernah digunakan, berapa lama waktu yang digunakan untuk bekerja dengan komputer, dan pengetahuan-pengetahuan yang ada.
3. Tanggung jawab pekerjaan seperti pengaruh dalam pengambilan keputusan, peranan, dan motivasi.
4. Gaya kepribadian seperti introvert/ekstovert, pengambik resiko / bukan pengambil resiko, dapat beradaptasi dengan cepat / lambat, sistematis / secara kebetulan.
5. Alasan-alasan untuk tidak menggunakan interfaces.
6. Feature-feature yang biasa digunakan.
7. Perasaan-perasaan yang timbul setelah menggunakan interface seperti bingung/jelas, bosan/menyenangkan.

Acceptance Test -> pengujian produk (program atau aplikasi) melalui
1. Seberapa cepat waktu yang dibutuhkan seseorang untuk mempelajari hal-hal baru.
2. Kecepatan dalam mengeksekusi.
3. Kesalahan-kesalahan yang ditimbulkan oleh pengguna.
4. Kejenuhan seseorang dalam memakai aplikasi
5. Kepuasan pengguna.

Kotak saran online atau melalui e-mail dapat digunakan untuk melaporkan kesalahan-kesalahan yang ada yang berguna untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar