Kamis, 07 November 2013

Pertemuan 3


Design atau perancangan system interaktif harus memadukan pengetahuan seksama dari kelayakan teknis
dan rasa estetik apa yang menarik bagi user/untuk expectation manajementpemakai.
Design atau perancangan pada dasarnya adalah proses kreatif dan tidak dapat diduga.

Dalam mendesain ada 4 pilar desain :
    Mau membuat seperti apa desainnya yang dibutuhkan oleh user
    Dokumentasi user
    Mulai membuat desain atau rancangan
    Meminta feedback tentang hasil desain yang telah dibuat

Dalam mendsesign juga ada sebuah Metodologi LUCID (Kreitzberg)
LUCID adalah Logical User-Centered Interactive Design
1. Kembangkan konsep produk
2. Riset dan analisis kebutuhan
3. Konsep perancangan dan prototipe layar kunci
4. Perancangan iteratif dan perbaikan
5. Implementasikan software
6. Dukungan rollout

Dalam mendsesign juga dibutuhkan Observasi Etnografis yaitu :
    Persiapan
    Studi lapangan
    Analisis  
    Pelaporan

contoh :  Waterfall Model
    Model paling dasar
    Model lama tetapi masih banyak dipakai(dlm berbagai variasi)
    Lima tahapan:
          –  Requirements
          –  Design
          –  Code atau implementation
          –  Test atau verification
          –  Maintain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar