Pertemuan 3
Design atau perancangan system interaktif harus memadukan pengetahuan seksama dari kelayakan teknis
dan rasa estetik apa yang menarik bagi user/untuk expectation manajementpemakai.
Design atau perancangan pada dasarnya adalah proses kreatif dan tidak dapat diduga.
Dalam mendesain ada 4 pilar desain :
Mau membuat seperti apa desainnya yang dibutuhkan oleh user
Dokumentasi user
Mulai membuat desain atau rancangan
Meminta feedback tentang hasil desain yang telah dibuat
Dalam mendsesign juga ada sebuah Metodologi LUCID (Kreitzberg)
LUCID adalah Logical User-Centered Interactive Design
1. Kembangkan konsep produk
2. Riset dan analisis kebutuhan
3. Konsep perancangan dan prototipe layar kunci
4. Perancangan iteratif dan perbaikan
5. Implementasikan software
6. Dukungan rollout
Dalam mendsesign juga dibutuhkan Observasi Etnografis yaitu :
Persiapan
Studi lapangan
Analisis
Pelaporan
contoh : Waterfall Model
Model paling dasar
Model lama tetapi masih banyak dipakai(dlm berbagai variasi)
Lima tahapan:
– Requirements
– Design
– Code atau implementation
– Test atau verification
– Maintain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar